Wednesday, February 13, 2013

Latar Belakang


        Perkumpulan alumni-alumni SMAN 1 Kraksaan di ITS, PPNS dan PENS telah terbentuk sejak angkatan 2007 dimana hanya terdapat enam lulusan siswa yang dapat lolos dan kuliah beberapa di jurusan di kampus tersebut untuk pertama kali lulusan SMAN 1 Kraksaan. Lulusan tersebut diterima di kampus ITS (tahun 2007-2010 kampus PENS, PPNS masih bersatu dengan ITS) mayoritas melalui jalur PMDK regular. Perkumpulan ini kegiatannya hanya brifing ke SMAN 1 Kraksaan saja setiap tahun. Di Tahun 2009 dengan usaha angkatan 2007 tersebut melalui brifing agar adik-adik siswa SMAN 1 Kraksaan pada angkatan 2009 bisa melanjutkan pendidikannya di kampus penuh perjuangan ITS ini, hadir angkatan baru yaitu angkatan 2009. Angkatan 2009 merupakan angkatan kedua diterimanya lulusan SMAN 1 Kraksaan di ITS dengan 9 alumni yang diterima 90% dengan PMDK reguler. Masuknya angkatan 2010 sebagai angkatan ketiga alumni SMAN 1 Kraksaan di ITS, PENS dan PPNS mendorong perkumpulan ini untuk merealisasikan dan men-sah-kan forum keluarga ini. Segala ide muncul dari pikiran-pikiran kreatif alumni-alumni tersebut sehingga muncul satu kata CAKRA-ITS untuk perkumpulan kecil ini. Pada awal terbuntuknya forum ini, angkatan keempat hadir, yaitu angkatan 2011 alumni SMAN 1 Kraksaan.
            CAKRA-ITS (Collegiate’f SMAN 1 Kraksaan in ITS, PPNS and PENS) merupakan forum kecil yang terbentuk atas dasar kekeluargaan yang kuat dari mahasiswa-mahasiswi alumni SMAN 1 Kraksaan. Forum tersebut walau kecil tapi memiliki makna yang besar, kegiatan-kegiatan yang luar biasa demi kebaikan adik-adik siswa SMAN 1 Kraksaan maupun anggota CAKRA-ITS ini sendiri. CAKRA-ITS terbentuk pertama kali, Kamis, 19 Mei 2011, tepatnya pada pukul 21.41 di kampus perjuangan ITS. Forum yang berlandasakan kekeluargaan ini pertama kali dipimpin oleh Ketua Umum, Sri Rizqi Wahyuningrum (C01_001) angkatan 2009 dari Jurusan Statistika ITS dengan Wakil Ketua Umum Hendra Hermawan dari Jurusan Teknik Perpipaan PPNS (C01_002) angkatan 2010. Forum ini tidak jauh berbeda dengan organisasi atau yang biasa disebut dengan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), bedanya adalah CAKRA-ITS merupakan forum kekeluargaan dari mahasiswa alumni SMAN 1 Kraksaan. Struktur kepengurusan 2011-2012 terdapat sekretaris dan bendahara, selain itu terdapat tiga departemen, yaitu Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA), Departemen Riset Teknologi (Ristek), dan Departemen Hubungan Mahasiswa (HUMAS), masing-masing dipimpin oleh ketua departemen. Pengurus harian dan masing-masing departemen mempunyai tugas dan kewajiban sendiri-sendiri, namun hal ini tidak dipatenkan karena terhalang waktu dan keadaan. Selain itu, masing-masing depertemen juga memiliki program kerja yang jauh lebih banyak dari perkumpulan yang terbentuk sebelumnya, sesuai dengan tujuan dan arahan kerja dari ketua umum 2011-2012, diantaranya adalah menjalin silaturrahmi ke SMAN 1 Kraksaan dan hubungan luar, brifing tiap tahun ke SMA 1 Kraksaan, Pelepasan Wisuda bagi anggota yang lulus dan penyambutan mahasiswa baru, Pembuatan Kemeja CAKRA-ITS dan penomoran anggota CAKRA-ITS (C00_000), Bimbingan Olimpiade OSN SMAN 1 Kraksaan dan informasi lpmba-lomba, PKM dan progam kerja terbesar CAKRA-ITS adalah Try Out SNMPTN SMAN 1 Kraksaan. “QT satu keluarga, semangat, dan keseriusan harus selalu diaplikasikan :)”, hal ini yang selalu dipegang oleh setiap anggota CAKRA-ITS. Alhasil semua program kerja CAKRA-ITS telah terpenuhi terutama Try Out SNMPTN SMAN 1 Kraksaan yang mendapat kesan sangat positif dari beberapa SMA sekitar yang nantinya untuk Try Out SNMPTN CAKRA-ITS selanjutnya, namun ada beberapa yang belum terlaksana, yaitu PKM.
            Pergantian kepengurusan untuk periode 2012-2013 yang masih berlanjut hingga saat ini dipimpin oleh Ketua Umum Eko Purwanto Wijaya H (C01_003) dari Jurusan Teknik Elektro dan didampingi Wakil Ketua Umum Rahmat Nur Hidayatullah (C01_025) Jurusan Teknik Perpipaan. Struktur kepengurusan tidak jauh berbeda dengan struktur kepengurusan 2011-2012, namun Departemen KESMA dan HUMAS diganti menjadi Departemen Eksternal dan Internal. Setiap departemen dan pengurus harian ini memiliki program kerja sesuai dengan arahan dari ketua umum 2012-2013.. CAKRA-ITS 2012-2013 menghasilkan AD/ART yang menjadi aturan dan pegangan paten dari CAKRA-ITS untuk selanjutnya. Program terbesar CAKRA-ITS adalah Try Out SMBPTN SMAN 1 Kraksaan yang bekerjasama dengan Primagama demi kesuksesan dan ketercapaian tujuan dari program kerja tersebut. Banyak peminat dari siswa-siswi SMAN lainnya, alhasil pada kepengurusan kali ini dapat melebarkan sayap peserta Try Out tersebut, yaitu dari SMAN 1 Kraksaan, SMAN 1 Paiton, SMA Tunas Luhur dan SMAN 1 Gending. Harapannya ke depan hal ini dapat ditingkatkan minimal dipertahankan.

0 comments:

Post a Comment