Sunday, February 10, 2013

Try Out SBMPTN 2013 With CAKRA-ITS



Hallo sobat cakra!! Kita mau bagi bagi cerita nih seputar Tryout SBMPTN CAKRA-ITS yang kemaren udah kita selenggarain di SMAN 1 Kraksaan. Mau tau gimana ceritanya ? Check it out guys !! Tanggal 20 Januari 2013 lalu mungkin menjadi hari yang tak terlupakan bagi siswa siswi SMAN 1 Kraksaan, bagaimana tidak pada hari itu diadakan Tryout SBMPTN oleh kakak-kakak dari CAKRA-ITS yang bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar Primagama.

Ini adalah kali kedua CAKRA-ITS mengadakan tryout semacam ini. Sebelumnya hanya diikuti sekitar 120an peserta. Namun, untuk tryout kali ini diikuti oleh 190 peserta dari beberapa SMA di sekitar kota Kraksaan seperti  SMA Tunas Luhur (Paiton), SMAN 1 Paiton, SMAN 1 Gending, SMKN 1 Kraksaan dll. Peserta yang terbanyak sudah jelas dan sudah pasti dari SMAN 1 Kraksaan sendiri. Antusiasme peserta tryout sudah terlihat sejak pukul enam pagi. Banyak dari mereka datang lebih awal karena ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti tryout tersebut. Raut muka ketegangan tampak terlihat dari sebagian besar peserta. Namun ada beberapa peserta yang terlihat biasa saja. Setelah melakukan serangkaian registrasi para peserta menuju kelas masing-masing.
Acara tryout dimulai pada pukul 08.15 WIB. Sebelum memulai mengerjakan soal tryout, panitia membacakan tata tertib pengerjaan tryout dan menjelaskan lembaran passing grade PTN kepada peserta. Hal ini dimaksudkan agar mereka tahu kriteria yang harus dicapai untuk bisa menembus jurusan dan PTN yang mereka inginkan. Bidang pertama yang diujikan dalam tryout adalah Tes Bidang Studi Dasar yang meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan berbekal waktu 120 menit peserta tampak percaya diri mengerjakan soal-soal tersebut. Peserta terlihat sangat bersungguh sungguh dalam mengikuti tryout sbmptn ini, hal ini terlihat tak ada satu pun peserta yang mencontek. Mereka tentu saja ingin mengetahui kemampuan diri mereka masing-masing, sebab pada ujian sesungguhnya nanti, tak akan ada yang bisa membantu mereka kecuali diri mereka sendiri. Tes selanjutnya adalah Tes Potensi Akademik atau yang biasa kita sebut TPA. Beberapa dari peserta tampak menyukai tes ini. Bisa dilihat tak butuh waktu lama bagi mereka untuk menyelesaikan semua soal-soal yang ada. Tes terakhir yang diujikan adalah tes bidang IPA dan IPS. 
Waktu pengerjaan yang cukup lama yakni 120 menit untuk IPA dan 90 menit untuk IPS membuat para peserta merasa bosan, bukan saja karena soal-soalnya yang cukup menguras otak namun sebagian besar dari mereka juga mulai mengantuk. Apalagi ketika mendekati menit menit akhir pengerjaan, para peserta tampak sudah pasrah dengan pekerjaan mereka.Oh ya sobat cakra, acara tryout ini tidak berakhir begitu saja loh, masih ada acara tambahan dari kakak-kakak CAKRA-ITS untuk menghibur para peserta tryout yang sedang jenuh. Apalagi saat itu hujan deras tengah mengguyur kota Kraksaan sehingga banyak peserta yang belum pulang ke rumah masing-masing. Panitia membagi-bagikan doorprize merchandise ITS kepada peserta yang bisa menjawab tebakan atau melakukan hal-hal konyol. Suasana semakin riuh ketika ada peserta yang berani menerima tantangan untuk menggombali salah satu panitia tryout. Para peserta dan panitia terlihat saling membaur menikmati acara yang sedang berlangsung. Acara tryout sbmptn ini berakhir pada pukul 15.00 WIB. Raut muka kelelahan tampak pada seluruh panitia yang sudah bekerja keras untuk mensukseskan acara tryout tersebut. Panitia juga berharap semoga acara tryout tahun depan bisa jauh lebih baik lagi dari tahun ini. Kita doakan saja yaa. Amin :) See you…… (red)
Lihat Galeri

1 comments: