Sunday, December 8, 2013

Indahnya 'Bunga Sakura' Di Surabaya

Bunga Sakura.... Siapa yang tak mengenal bunga indah satu ini. Bunga yang mekar pada musin semi ini adalah bunga khas dari Negara Jepang. Bunga sakura hanya mekar selama dua minggu saja, seminggu lebih lama dibanding sakura pada musim kemarau. Saat panas dan kering ekstrem, bunga ini mekar makin indah. Daunnya rontok lalu berganti dengan mekarnya kelopak bunga mirip terompet kecil-kecil di seluruh ranting-rantingnya.

Di Jepang, mekarnya sakura dimulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week. Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.

Kini untuk melihat 'Bunga Sakura' layaknya di Jepang, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke negeri samurai tersebut. Mungkin kita cukup pergi ke kota ter-'macet' kedua di Indonesia ini yaitu Surabaya. Surabaya mempunyai 'Bunga Sakura'-nya sendiri yang dikenal sebagai bunga Tabebuya. Ini beberapa penampakan indah 'Bunga Sakura' di Surabaya...

Bunga-bunga dari pohon tabebuya merah (tabebuia aurea) bersemi dan bermekaran di sepanjang jalan Embong Malang, Surabaya . Pohon yang banyak tumbuh di kawasan Cina, Jepang dan Korea ini menghiasi dan menghijaukan jalan-jalan protokol di Kota Surabaya.

Suasana di sepanjang jalan Embong Malang yang dipercantik dengan mekarnya bunga tabebuya di Surabaya. Pohon ini hasil merupakan eksperimen pembenihan bibit pohon yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Pengguna jalan melintasi jalan dr Moestopo yang dihiasi bunga tabebuya yang bermekaran di tepi jalan di Surabaya. Pembangunan kawasan perkotaan yang asri dan nyaman membuat Surabaya meraih penghargaan kota anggota Citynet

Buang-bunga tabebuya merah saat dilihat dari dekat saat bermekaran di jalan Prof dr Moestopo

Buang-bunga tabebuya merah saat dilihat dari dekat saat bermekaran di jalan Prof dr Moestopo

Bunga Tabebuea

Bunga-bunga tabebuya kuning menghiasi pembatas jalan di jalan raya Gubeng, Surabaya . Bunga tabebuya yang saat mekar sepintas mirip sakura di Jepang ini mempercantik tampilan kota Surabaya.

0 comments:

Post a Comment